Selasa, 19 April 2011

FOR ME TO REMEMBER

What I want to be?
I want to be like this.........

MATERI UNTUK KELAS XI

ANALYTICAL AND HORTATORY EXPOSITION


Apakah kalian pernah merasa kesulitan membedakan jenis text Exposition? Menurut kalian apa sih perbedaan antara Analytical Exposition dan Hortatory Exposition itu dan apa yang membedakan mereka? Kl begitu, mari kita coba telaah apa saja perbedaan-perbedaan atau bahkan persamaan-persamaan dari jenis-jenis text diatas.
Kita mulai dari pengertian Exposition, what exactly Exposition is?

Exposition adalah text yang bersifat factual yang digunakan untuk menyatakan suatu pendapat yang bersifat pro atau kontra, dimana text tersebut memberikan argument-argument yang kuat yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya.

Hal ini tercermin pada Social Function dari text Exposition itu sendiri, yaitu:
To persuade the reader or listener.

As we know, seperti yang kita ketahui, bahwa arti kata persuade itu sendiri adalah mengajak. So, ketika kita akan mengajak seseorang untuk mengikuti pendapat kita, we need the strong argument, don’t we?

Sementara itu apa sih yang dimaksud pro atau kontra itu? Apa pro dan kontra itu ada pada satu text?
Of course not, tentu saja tidak, dalam satu badan atau isi text Exposition hanya terdapat satu pendapat yang pro saja beserta alasan apa yang membuat penulis pro dengan pendapat tersebut, atau dalam satu text berisi tentang kontra, dan alasan kenapa penulis kontra dengan issue tersebut.

And then, apa perbedaan dan persamaan dari Analytical dan Hortatory Exposition itu? Check this out!
Perhatikan Schematic Structure dari kedua Exposition dibawah ini:
ANALYTICAL EXPOSITION
HORTATORY EXPOSITION
·         Thesis
·         Argument
·         Reiteration
·         Thesis
·         Argument
·         Recommendation
What do you think, bagaimana? Sudah bisa melihat perbedaan antara kedua Exposition diatas?
Yes, you’re right, betul sekali! Perbedaannya ada pada bagian akhir dari text tersebut.

Analytical dengan Reiteration. Reiteration sendiri berarti kesimpulan dari thesis dan argument yang sudah disajikan diatas. Jadi kata-kata yang bisa kita gunakan untuk mengawali Reiteration part pada text tersebut can be:
  • From the argument above we can conclude that….. ; atau
  • Based on the argument above…..;  atau
  • The conclusion of the argument above is……
  • Etc.

Hortatory dengan Recommendation. You might know what the meaning of Recommendation itself, don’t you?
Recommendation lebih mengacu pada saran yang direkomendasikan dari si penulis Exposition tersebut.
And then, how you usually recommend something to others? Biasanya kita akan menggunakan kata-kata di bawah ini untuk memberikan saran ke orang lain, they can be:
  • You should…., we must……, you should be….., and etc. apabila kita merekomendasikan sesuatu yang diperbolehkan; dan
  • You shouldn’t……, you mustn’t……, we ought not to…., etc. apabila kita merekomendasikan yang tidak diperbolehkan atau tidak disarankan.

Bagaimana? Apakah kalian sudah bisa memahami perbedaan-perbedaan ataupun keasamaan-kesamaan dari text Exposition tersebut? I hope it can give you some clear understanding about that, and don’t forget ….. always keep your spirit. OK!

AMERICAN BOX OFFICE MOVIE CHART



Until April 19, 2011 at 17.30 am
1.       RIO
2.       SCREAM 4
3.       HOP
4.       HANNA
5.       SOUL SURFER
6.       ARTHUR
7.       INSIDIOUS
8.       SOURCE CODE
9.       YOUR HIGHNESS
10.   LIMITLESS

IMPERATIVE SENTENCE

Imperative divided into two, they are 'Positive Imperative' and 'Negative Imperative'.
* Positive Imperative
1. Send this letter.
2. Take your coat off.
3. Be happy
They consist of: Verb + Noun or Be + Adjective

* Negative Imperative
1. Don't make your mother angry.
2. Don't let him enter to your life.
3. Don't be ashamed.
They consist of: Don't + Verb + Noun or Don't + be + Adjective

Example of Negative Imperative bellow:

DIRECT AND INDIRECT SPEECH


There are some types of Direct and Indirect Speech, they are:
1.       Statement
2.       Yes/ no question
3.       WH question
4.       Imperative
a.       Positive
b.      Negative

Statement (with the conjunction that)
Direct
Indirect
Teacher said, “We have to have a will to study.”
“They were our beloved grandfather and grandmother”, Carla told me.
Teacher said that we had to have a will to study
Carla told me that they had been their beloved grandmother and grandfather.

Yes/ no question (with the conjunction if/ whether)
Direct
Indirect
Are you happy with him?” Anton asked me.
Dina asked, “Was she a good actress?”
Anton asked me if I was happy with him.
Dina asked if she had been a good actress.

WH question (WH as the conjunction)
Direct
Indirect
The waitress said, “What will you buy, sir?”
“Who was she?” My friend asked.
The waitress said what I would buy.
My friend asked who she had been.

Imperative (with to as the conjunction)
Direct
Indirect
Positive
“Go home early,” mother remind me.
Mother reminds me to go home early.
Negative
“Don’t tell me to wear that stupid hat,” I said.
I said not to tell me not to wear that stupid hat.